Senin, 07 September 2015

Yayasan Al Amin Global Daijuku

Yayasan Al Amin Global Daijuku

Yayasan Al Amin Global Daijuku adalah sebuah yayasan yang didirikan oleh Ghufron Amin Bin K.H.Raden Djunaedi Kalyubi,dengan modal niat,tekad dan nekat.Hanya bermodal uang seadanya hasil dari mengajar sebagai guru honor dan guru private,yayasan ini akhirnya bisa berdiri dan menjalankan segala aktifitasnya.

Lokasi yayasan Al Amin Global Daijuku berada di Desa Tuk Karangsuwung Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat.Yayasan ini berdiri di atas tanah warisan yang tidak terlalu luas yang di atasnya telah berdiri bangunan yang difungsikan sebagai musholla dan juga perpuatakaan.

Latar belakang pendirian yayasan Al Amin Global Daijuku adalah didasari dari obrolan antara sang pendiri dengan almarhumah ibunya,Ibu Nyai Hj. Khuriah,yang mengiginkan pendirian yayasan demi untuk menaungi aneka kegiatan demi kemaslahatan orang banyak.Belum lagi sempat diwujudkan,sang ibu meninggal terlebih dahulu,hingga membuat rencana tersebut terbengkalai selama sembilan tahun.

Demi mewujudkan keinginan orangtua,sang pendiri berusaha dengan aneka cara di tengah keterbatasan kemampuannya,baik dari segi keuangan atau juga sumber daya manusianya.Sembilan tahun kemudian,yayasan tersebut baru terwujud.Yayasan kecil yang sederhana,namun dengan tujuan besar yang Insya Allah sangat mulia,yaitu memberikan manfaat bagi banyak orang dan sesama makhluk ciptaa Allah swt.

Tak ada yang istimewa dengan yayasan yang biasa disingkat dengan sebutan yagd ini,kecuali dari pendiriannya yang bermodal nekat juga usaha sang pendirinya yang tidak mau meminta bantuan dana dari pihak lain,berbeda dengan yayasan lain yang sering kali menghimpun dana dari pihak luar.Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit atau alon-alon asal kelakon,itulah falsafah yang digunakan dalam pendirian dan perjalanan kegiatan yayasan ini.

Semula Yayasan Al Amin Global Daijuku ini hendak diberi nama Amin Daijuku saja.Amin diambil dari nama belakang pendirinya,dan daijuku diambil dari nama kedua orangtua sang pendirinya yang memang dikenal sebagai seorang dai atau pendakwah.Jadi Daijuku adalah kependekan dari kata Dai Djunaedi dan Khuriyah.Sang pendiri memang berniat ingin  melanjutkan jejak dakwah orangtua dan juga leluhurnya terdahulu,yang sudah berdakwah sejak ratusan tahun lalu namun dalam bentuk dan suasana yang berbeda.

Setelah melalui pemikiran dan pertimbangan,akhirnya yayasan ini diputuskan diberi nama Yayasan Al Amin Global Daijuku,yang diambil dari kata Al Amin dari bahasa Arab yang berarti dapat dipercaya,Global dari bahasa Inggris yang berarti dunia,dan Dai serta juku yang diambil dari bahasa Jepang yang berarti kampus besar.Pemberian nama tersebut berkaitan dengan harapan agar yayasan Al Amin Global Daijuku bisa menjadi yayasan yang bisa dipercaya,bermanfaat untuk dunia dan menjadi tempat besar yang bermanfaat bagi sesama.

Apapaun makna dibalik nama Yayasan Al Amin Global Daijuku ini,semoga yayasan ini menjadi yayasan yang bisa bermanfaat untuk sesama,bukan yayasan yang memanfaatkan sesama.Semoga kedepannya yayasan ini bisa berdiri,berjalan dan bisa berkiprah demi kemashlahatan umat manusia.