Selasa, 25 April 2017

Makam P. Suci Manah,P. Sapu Jagat,P. Jagasatru

Makam P. Suci Manah,P. Sapu Jagat,P. Jagasatru

Di kawasan Jagasatru yang tak jauh dari pusat perdagangan ada tiga buah Makam dalam satu area yang yang sering diziarahi oleh para peziarah.Makam tersebut adalah makam P. Suci Manah,P. Sapu Jagat,dan P. Jagasatru.M mereka semua adalah para penyebar Islam sekaligus pejuang.P. Suci Manah sendiri diketahui sebagai pendiri sebuah pesantren di kawasan Graksan Cirebon.

Apabila hendak berziarah ke makam ini,para pengunjung bisa dengan mudah menemukannya,karena ada beberapa angkot yang melewati daerah ini.Dari terminal bisa naik becak atau ojek,atau juga angkot tapi harus dua kali atau satu kali tapi harus berjalan terlebih dulu untuk sampai ke rute angkot.Angkot Jurusan Gunung Sari-Sumber atau Gunung Sari-Ciperna melewati kawasan Makam ini.Kalau dari Perumnas bisa naik angkot jurusan yang lewat daerah Jagasatru.Dari jalan raya atau Pasar Jagasatru letaknya tidak terlalu jauh,hanya beberapa puluh meter dan bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Ketiga makam ini ada di sebuah pemakaman yang jumlah makamnya tidak terlalu banyak.Di samping pemakaman ini ada sebuah Musholla yang biasa  digunakan untuk sholat,sehingga para peziarah dari luar kota tidak perlu takut kesulitan mencari tempat sholat.Pada bulan maulid biasanya makam ini semakin ramai dikunjungi oleh para peziarah,karena bertepatan dengan acara maulid di Keraton Cirebon yang banyak didatangi oleh banyak orang dari berbagai daerah di Indonesia.


Makam P. Suci Manah,P.Sapu Jagat,dan P. Jagasatru