Selasa, 25 April 2017

Makam Ki Lobama

Makam Ki Lobama

Ki Lobama adalah salah seorang ulama yang dipercaya hidup sebelum era Gunung Jati.Nama aslinya sendiri bukanlah Ki Lobama,karena nama ini hanyalah sebagai nama julukan saja.Beliau adalah seorang ulama yang mempunyai banyak ilmu agama,maka karena itulah beliau mendapat julukan Ki Lobama alias Kiai yang loba (banyak) ilmu agama.

Makam Ki Lobama terdapat di Desa Mundu Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon.Dari Kota Cirebon Makam Ki Lobama ini dapat dicapai dengan naik angkot jurusan Gunung Sari-Mundu,atau bila dari terminal bisa naik Elf jurusan Cirebon-Sindang,Cirebon-Losari,atau Cirebon-Babakan.Turun di depan Pasar Mundu,dilanjutkan naik ojek atau jalan kaki.Dari Pasar Mundu letak  makamnya tidak terlalu jauh.

Suasana makam Ki Lobama bernuansa tempo dulu dengan bata-bata tua.Di depan makam ada sebuah pendopo,halaman dan pintu masuk yang unik,sementara di belakang makamnya terdapat sebuah bangunan yang menyerupai candi yang terbuat dari batu bata.

Selain makam Ki Lobama,di pemakaman ini juga banyak terdapat makam lainnya,baik yang sudah tua ataupun baru,termasuk ada juga makam anak dari Sunan Gunung Jati yang bernama Pangeran Brata Kelana.


Makam Ki Lobama