Senin, 26 Juni 2023

Keluarga Besar Pangeran Alas Kesultanan Cirebon

 Pangeran Alas adalah putra dari Panembahan Girilaya.Beliau adalah adik dari Sultan Sepuh,Sultan Anom,dan P. Wangsakerta,namun dari ibu yang berbeda.Keturunan Pangeran Alas ini,sekarang terhimpun dalam paguyuban atau perkumpulan yang diberi nama Keluarga Besar Pangeran Alas Kesultanan Cirebon,atau biasa disingkat KBPA KC, Cirebon.

Anggota KBPA KC awalnya berkumpul lewat medsos,dilanjutkan dengan grup whattsapp yang dibuat oleh Ghufron Amin,dan didukung oleh Ikbal,Hedi Karta,Yuli Adam Panji,dan lain-lain.Selanjutnya grup w a diikuti oleh keluarga lainnya.Kehadiran Walid Syaikhun,Adhi,Jahid Syaikhun,dan keturunan-keturunan Pangeran Alas lainnya menjadikan KBPA semakin ramai dan bertambah solid.KBPA pun akhirnya mempunyai struktur organisasi yang ada ketua,bendahar,sekertaris,dan lainnya.

KBPA KC awalnya adalah wadah untuk memperkuat silaturohim antar sesama keturunan Pangeran Alas bin Panembahan Girilaya dari berbagai daerah saja,baik dari jalur silsilah laki-laki atau jalur silsilah perempuan.Pada perkembangan selanjutnya,KBPA KC ikut serta dalam kegiatan-kagiatan yang mengandung nilai-nilai sosial dan keagamaan di masyarakat.

Beberapa kegiatan KBPA KC yang sudah dilakukan adalah silaturohim antar sesama keturunan Pangeran Alas dalam waktu tertentu,memugar makam Pangeran Alas di Luwung,Mundu,membangun mushola dan padepokan Pangeran Alas di Gebang,memeriahkan acara yang berkaitan dengan umat Islam seperti kegiatan bagi-bagi takjil,membuat jurnal dan aneka tulisan yang berbasis penelitian ilmiah,dan lain-lain.

Sekertariat pusat KBPA KC terletak di Gebang,Cirebon,sementara bagian atau sekertariat pendukung ada di Ketandan Kasepuhan,Tuk Karangsuwung,Sindanglaut,dan beberapa daerah lainnya di mana banyak keturunan Pangeran Alas berada.


Makam P. Alas (P. Santri) di Luwung,Mundu,Cirebon.




Kegiatan Romadhon,berbagi takjil