Jumat, 17 Juni 2016

Wisata Bogor Barat

Wisata Bogor Barat

Ternyata Kabupaten Bogor khususnya Bogor Barat itu banyak menyimpan aneka obyek wisata,mulai wisata alam,wisata budaya hingga wisata sejarah.Sayangnya belum banyak orang yang mengetahui aneka obyek wisata tersebut dan masih kalah pamor bila sibandingkan dengan obyek wisata lainnya.Hal ini dikarenakan masih kurangnya promosi dan belum maksimalnya pengelolaan aneka obyek wisata tersebut.

Aneka obyek wisata alam banyak terdapat di Bogor bagian barat ini,seperti situ atau danau yang terdapat di beberapa kecamatan,beberpa sungai sungai yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk arung jeram atau sekedar bermain air,curug atau air terjun,pemandangan gunung yang begitu indah,Gua Gudawang yang menawan dan lain sebagainya.

Selain obyek wisata alam,salah satu obyek wisata yang tak boleh dilupakan adalah obyek wisata sejarah.Di obyek wisata sejarah tersebut banyak terdapat benda-benda atau tempat peninggalan bersejarah mulai zaman pra sejarah hingga zaman kemerdekaan Indonesia.Benar-benar tempat wisata yang menawarkan obyek wisata yang sangat beragam.

Di Bogor Barat tepatnya di Kecamatan Cibungbulang ada situs prasasti batu bertulis yang lebih dikenal dengan nama situs Prasasti Ciaruteun dan Kebon Kopi.Kedua situs bersejarah tersebut merupakan peninggalan kerajaan Tarumanegara yang sudah berusia ratusan tahun.

Di kawasan  Pasir Angin ada Museum dan Situs Pasir Angin yang berisi koleksi benda-benda peninggalan bersejarah mulai dari  zaman batu.Walau bangunan museumnya sederhana atau tidak sebesar dan semegah museum lainnya yang ada di Indonesia,museum Pasir Angin juga pantas untuk dikunjungi.

Bagi yang suka wisata budaya ada Kampung Urug,yaitu sebuah perkampungan tua yang dihuni oleh Suku Sunda yang mengaku masih keturunan Prabu Siliwangi.Di kampung ini sangat kental dengan kehidupan masyarakat perkampungan tempo dulu yang masih mempertahankan adat dan tradisi yang sudah berlangsung selama ratusan tahun.Di sini masih terdapat aneka bangunan tua khas Sunda yang terbuat dari kayu dan bambu,yang sangat indah dan unik.

Bagi yang suka berwisata,tak ada salahnya bila sekali-kali berkunjung ke kawasan Bogor Barat yang tidak terlalu macet seperti kawasan Puncak Pass atau Kota Bogor yang selalu penuh sesak oleh aneka kendaraan,namun tetap menawarkan aneka obyek wisata yang layak untuk dikunjungi.

Sungai Cidurian dengan latar belakang pegunungan


Salah satu sudut di komplek Gua Gudawang