Senin, 18 Februari 2019

Catatan Pada Kitab- kitab Tua

Catatan Pada Kitab-kitab Tua

Berikut adalah beberapa catatan mengenai kejadian-kejadian yang terdapat pada sebuah kitab yang dimiliki oleh Raden Djunaedi Kalyubi.Kitab tersebut adalah kitab fikih,tauhid,hadis,sedikit amalan mujarobat,catatan harian,dan lain-lain.Benerapa catatan diperkirakan dibuat akhir tahun 1890 an M,sementara usia kitab ini belum diketahui secara pasti.

Tertulis keterangan yang ditulis oleh Raden Sulaeman (ada yang berpendapat tulisan anak Raden Sulaeman)mengenai sebuah catatan tentang Mama (bisa ayah mertua atau pamannya) yang ada kaitannya denganKuwu Gebang Udik.Tak tertulis dengan jelas di catatan siapa yang menulis catatan tersebut.Nama Niti Atmarja /Atmareja juga tertulis di catatan tersebut,seseorang yang dipanggil kakak (kang) oleh Raden Sulaeman.




Tertulis tentang kelahiran seorang anak perempuan bernama Kusmartini (atas) dan anak laki-laki bernama Muhamad Arsyad/Irsyad.Satu hal yang menarik adalah nama Kiiai Said Gedongan yang disebut di catatan ini,yang diharapkan doa atau berkahnya.



Tulisan ini menjelaskan tentang kelahiran Raden Sunah.

Masih ada beberapa tulisan kaki lainnya yang menyebut nama-nama orang yang ada kaitannya dengan penulis catatan dan pemilik kitab ini.