Jumat, 27 Januari 2017

Sumur Ketandan Kasepuhan Cirebon

Sumur Ketandan Kasepuhan Cirebon

Sumur Ketandan adalah sebuah sumur tua yang sudah berusia ratusan tahun.Letak sumur ini berada di dekat alun-alun Keraton Kasepuhan Cirebon,tepatnya berada di depan pusat jajan dan  makan Kasepuhan.Sumur Ketandan ini dibuat oleh Pangeran Cakra Buana,yang tak lain adalah uwak (kakak dari ibu) Syarif Hidayatullah.

Sumur Ketandan merupakan tempat ketiga yang menjadi tempat  persinggahan Pangeran Cakra Buana ketika hendak belajar Agama Islam dan mendirikan Keraton Pakungwati.Persinggahan pertama adalah Gunung Cangak atau Balong Biru yang sekarang ini letaknya berada di daerah Cirebon Girang. Persinggahan kedua adalah Gunung Jati saat beliau belajar Agama Islam pada Syekh Nurjati.Dan Persinggahan ketiga adalah Sumur Ketandan dan akhirnya beliau membuka Keraton Pakungwati.

Sumur Ketandan dibuat setelah Pangeran Cakra Buana melalui serangkaian permintaan petunjuk kepada Allah swt melalui aneka ikhtiar dzikir dan doa.Setelah sumur ini dibuat,tempat di sekitar sumur ini sering dijadikan sebagai tempat untuk beristirahat Pangeran Cakra Buana,terutama apabila beliau kelelahan setelah mencari rebon atau udang kecil di laut.