Rabu, 13 Juli 2016

Makam Mbah Kiai Said Gedongan

Makam Mbah Kiai Said Gedongan

Mbah Kiai Said adalah seorang ulama atau Kiai yang merupakan pendiri Pesantren Gedongan.Walau beliau telah lama tiada,namun pesantren yang didirikannya tersebut masih berdiri dan berkembang hingga sekarang.

Semasa hidupnya Mbah Kiai Said dikenal sebagai seorang ulama yanggoat dan tekun dalam menyebarkan ajaran agama Islam sekaligus pejuang yang gigih melawan Penjajah Belanda.B eliau sendiri merupakan keturunan dari Syekh Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati.

Makam Mbah Kiai Said terletak di Gedongan,Desa Ender Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon,Jawa Barat.Letak makamnya berada tak jauh dari pesantren yang didirikannya.Hampir setiap hari makamnya selalu ramai diziarahi oleh banyak orang,terutama oleh para santri dan alumni Gedongan.

Makam Mbah Kiai Said terbilang bersih dan rapi karena memang dirawat oleh keluarga dan keturunannya,di mana perawatan sehari-harinya diserahkan kepada seorang juru pelihara.Bangunannya sendiri terbilang sederhana,hanya bangunan terbuka dengan atap dan tembok yang tidak terlalu tinggi.