Rabu, 09 Desember 2015

Mendirikan Rumah Baca (Perpustakaan)

Mendirikan Rumah Baca

Sebagai seorang yang sangat suka membaca,saya sangat merasakan sekali manfaat dari kebiasaan membaca tersebut.Oleh karena itu selalu ada keinginan untuk menularkan kesukaan yang baik ini kepada orang lain.Tak hanya pada murid dan juga teman-teman mengajar,tetapi ke banyak orang secara luas.Oleh karena itu saya berniat untuk mensirikan rumah baca alias perpustakaan.

Sebenarnya keinginan untuk membuat rumah baca ini sudah ada sejak lama,ketika almarhumahnibu masih ada.Ketika itu saya sempat mengutarakan keinginan tersebut kepada beliau dan keinginan saya tersebut disambut dengan antusias oleh beliau.

Waktu berlalu hingga ibu meninggal dunia tapi rumah baca belum terwujud juga.Akhirnya dengan tekad bulat saya berusaha dengan sekuat tenaga untuk mewujidkan cita-cita saya tersebut.Dan Alhamdulillah,akhirnya cita-cita saya tersebut terwujud juga,tapi selang delapan tahun setelahnkepergian ibu tercinta.

Lalundari mana uang untuk mendirikan perpustakaan tersebut?,tentu saja sebagian besar berasal dari kocek pribadi saya sendiri.Syukurlah,saat itu saya sedang banyak job mengajar hingga saya bisa menambah koleksi buku saya sendiri yang sudah saya kumpulkannsejak lulus sma dulu.Selebihnya saya dapat bantuan bulu dari kakak perempuan saya,ponakan,beberapa teman dan tentu saja dari  buku-buku peninggalan ayah dan ibu me!ang hobi membaca.

Ternyata mendirikan rumah baca itu membutuhkan dana yang tidak sedikit.Buku-buku yang harus dibeli tidaklah murah,lebih-lebih untuk saya yangbhanya sebagainguru honorer dan guru privat.Selain itu juga jumlah bukunyang harus dibeli juga tidak sedikit.Belum lagi harus ditambah membeli rak dan kotak tempat buku dan sarana-sarana penunjang lainnya.Untunglah ayah saya meninggalkan sebuah rumah yang bisa digunakan untuk dijadikan sebagai tempat untuk rumah baca.

Rumah Baca Baitul Ilmi YAGD,demikian rumah baca itu saya beri nama sesuai dengan harapan saya,semoga rumah baca tersebut menjadi rumah tempatbaneka ilmu dan tempat orang-orang mencari ilmu.Sementara YAGD sendiri adalah singkatan dari nama yayasan yang saya dirikan,yaitu Yayasan Al Amin Global Daijuku.

Semoga rumah baca baitul ilmi yagd ini bermanfaat bagi banyak orang.Dan semoga warisan dari orangtua saya juga tidak sia-sia karena digunakan sebagai tempat untuk mencerdaskan manusia dengan cara membaca.